Bikeracing-games

Website Balapan Motocross

Ambush Marketing dan Piala Dunia FIFA

Ambush Marketing dan Piala Dunia FIFA

[ad_1]

Di Piala Dunia FIFA 2010, "Ambush Marketing" kembali menjadi berita utama.

"Ambush Marketing" adalah jenis kampanye pemasaran khusus di mana perusahaan secara cerdik menghubungkan barang atau merek mereka dengan acara yang populer, seringkali atletis, seperti Piala Dunia. Para penghibur sering mencoba menangkap tumpangan gratis dengan tidak membayar biaya sponsor tetapi membuat konsumen percaya bahwa mereka adalah sponsor resmi acara tersebut. Dari sudut pandang hukum, Ambush Marketing berkisar dari strategi kreatif yang tidak melanggar hukum apa pun hingga penggunaan yang jelas ilegal dari logo, frasa, slogan dan sejenisnya.

Olahraga sebagai target utama

McDonald's adalah sponsor resmi Olimpiade Beijing. Namun menjelang pertandingan, KFC menggunakan slogan pemasaran "Saya suka Beijing", sementara Pepsi mengganti kaleng biru biasanya dengan warna merah "untuk menunjukkan rasa hormat mereka untuk tahun Cina".

Selama Olimpiade Atlanta 1996, mengacu pada ponsel baru mereka, Telecom New Zealand Ltd berhasil dengan iklan penyergapan yang mengandung kata "cincin" (untuk suara telepon yang berdering) diatur lima kali seperti cincin Olimpiade dan di Olimpiade warna.

McDonald's juga bekerja selama Piala Dunia FIFA 2006. Kampanye iklan Austria menunjukkan bahwa Kanselir Federal Wolfgang Schssel memegang syal merah-putih-merah (warna bendera Austria) yang mengatakan "AUSTRIA IS WORLD CHAMPION".

Piala Dunia FIFA 2010

Untuk Piala Dunia 2010, FIFA berusaha keras memastikan bahwa hanya sponsor resmi yang mengiklankan merek mereka sehubungan dengan acara tersebut.

Gadis-gadis Belanda

Mereka ada di seluruh media – 36 wanita yang menghadiri pertandingan Belanda – Denmark di Afrika Selatan mengenakan gaun oranye yang cocok dengan logo bir "Dutchy". Pabrik bir Bavaria memasok gaun untuk keperluan promosi selama Piala Dunia FIFA. Masalahnya adalah, Bavaria bukan sponsor resmi Piala Dunia 2010; Budweiser, seorang pesaing, adalah. Aksi itu adalah contoh bagus dari Ambush Marketing yang tidak sah. Para wanita dikawal keluar dari stadion tetapi tujuan (dan kemudian beberapa) telah tercapai: peningkatan pemaparan merek dagang Bavaria tanpa harus membayar biaya sponsor resmi.

Kulula Air

Kulula, maskapai penerbangan Afrika Selatan yang bukan sponsor resmi, memasang iklan dengan slogan: "UNDANG-UNDANG CARRIER NASIONAL DARI 'KAMU TAHU-APA'". Dalam iklan itu bendera nasional, bola kaki dan jenis khusus tanduk plastik yang digunakan oleh penggemar Afrika Selatan pada pertandingan sepak bola (yang disebut "vuvuzela") ditampilkan. Kulula umumnya dikenal di Afrika Selatan karena iklannya yang lucu. Menurut berbagai laporan di internet, FIFA memperingatkan Kulula bahwa penggunaan gabungan dari atribut-atribut ini menciptakan asosiasi yang tidak sah dengan acara tersebut dan itu ilegal.

Kulula bereaksi terhadap peringatan itu dengan menempatkan iklan baru dengan slogan "TIDAK TAHUN DEPAN, BUKAN TAHUN TERAKHIR, TETAPI TEMPAT DI ANTARA". Iklan baru menunjukkan jembatan yang menyerupai stadion Cape Town World Cup dan tee golf yang tampak seperti vuvuzela dengan teks yang menyertainya, "Pasti, pasti tee golf", dan foto-foto lain dengan komentar lucu.

Meskipun semua kegiatan tersebut dapat dianggap Pemasaran Amburadul dalam arti periklanan, dari sudut pandang hukum yang perlu kita bedakan.

Direct v. Indirect ambush marketing

Aktivitas Pemasaran Ambangan Langsung, seperti penggunaan ilegal dan tidak sah dari logo yang terdaftar pada barang dagangan, atau klaim palsu atau menyesatkan sebagai sponsor resmi suatu peristiwa, jelas merupakan pelanggaran.

Pemasaran Ambangan Tidak Langsung, di sisi lain, lebih halus dan berada dalam wilayah abu-abu hukum. Kampanye Pemasaran Ambush tidak langsung Mercedes di New York City Marathon 1997 terkenal. Meskipun Toyota adalah mitra otomotif resmi maraton, Mercedes namanya tertulis di langit di atas acara oleh pesawat terbang.

Contoh lain adalah kampanye "Kami akan mendapatkan judul" Media Markt di Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman, atau slogan KFC yang disebutkan sebelumnya "Saya suka Beijing".

Penghuni tidak langsung pintar menautkan aktivitas yang disponsori ke merek mereka tanpa melanggar hak merek dagang atau hak cipta. Pertanyaannya adalah apakah kampanye mengarah ke asosiasi konsumen yang melanggar hukum atau pelanggaran lainnya, seperti persaingan tidak sehat.

Perlindungan merek dagang

Penyerangan jelas melanggar undang-undang properti intelektual ketika merek dagang digunakan tanpa hak kontraktual atau lisensi dan hak merek dagang dilanggar. Menurut Undang-Undang Perlindungan Merek Dagang Austria (Markenschutzgesetz; MSchG) tidak hanya penggunaan tanda yang identik tetapi juga penggunaan tanda yang serupa dengan kemungkinan kebingungan bisa ilegal. Perlindungan merek dagang dengan reputasi bahkan lebih kuat. Pemilik merek dagang dengan reputasi dapat meminta pihak ketiga untuk tidak menggunakan tanda yang identik atau serupa untuk barang atau layanan yang tidak serupa dengan yang dilindungi di bawah merek dagang.

Persaingan tidak sehat

Melengkapi dengan hukum merek dagang, peraturan khusus dari Undang-undang Austria melawan Persaingan Tidak Sehat (Gesetz gegen Unlauteren Wettbewerb; UWG) melengkapi hukum kekayaan intelektual. Aktivitas bisnis yang tidak adil termasuk praktik bisnis yang menyesatkan (Sec 2 UWG), meniru pemasaran merek perusahaan (Sec 9 UWG) dan praktik bisnis tidak adil lainnya yang termasuk dalam klausul umum Sec 1 UWG. Lebih lanjut, menurut Mahkamah Agung Austria, eksploitasi yang tidak adil atas reputasi baik suatu peristiwa atau tuduhan palsu dalam iklan menyesatkan publik tentang status ambusher sebagai sponsor resmi dapat dianggap sebagai persaingan tidak sehat.

Hak cipta dan hak pribadi

Kreasi intelektual di bidang sastra, fotografi, musik dan seni menikmati (tanpa registrasi) perlindungan hak cipta di bawah Undang-Undang Hak Cipta Austria (Urheberrechtsgesetz; UrhG). Hak-hak pribadi seperti hak untuk citra seseorang sendiri juga dapat dilanggar oleh kampanye iklan (lihat contoh Kanselir Schssel sebelumnya).

Perbaikan

Untuk pemegang hak kekayaan intelektual, hukum Austria menyediakan untuk perbaikan seperti tindakan untuk perintah awal atau permanen, kompensasi, perintah untuk pembuangan dan perusakan atau publikasi putusan. Pemegang hak juga dapat memulai proses pidana terhadap pelanggar dalam berbagai kasus yang disengaja.

Namun, kampanye Pemasaran Ambush biasanya berumur pendek. Mereka yang terkait dengan Piala Dunia 2010 akan berakhir pada bulan Juli ketika acara berakhir. Itu berarti bahwa perintah pengadilan mungkin akan datang terlambat. Bahkan perintah awal tidak memberikan banyak perlindungan dalam persaingan penyergapan. Kasus-kasus Pemasaran Amburadul karena itu jarang ditindaklanjuti dan penggugat biasanya akan dirujuk ke kerusakan – tetapi kerusakan sulit dibuktikan.

Schoenherr

Kontak

Ruth Brandsttter

T: +43 1 534 37 4079

E: [email protected]

Margit Nemetz

+43 1 534 37 125

E: [email protected]

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *